THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 27 Februari 2008

Plastic is a such big problem!!!

Kenapa???????

  1. Plastik sangat sulit hancur secara alami dan juga sulit didaur ulang. Setiap sampah plastik yang dibuang, baru akan hancur dalam waktu 200 sampai 400 tahun!
  2. Walaupun murah bahkan sering diberikan gratis, plastik dibuat dengan minyak bumi. Sumber energi yang mulai langka Dan sangatdibutuhkan manusia. Di Inggris aja, diperlukan 2 miliar barel minyak untuk industri kantong plastik. Pada akhirnya minyak yang terpakai, terbuang sia-sia karena kantong-kantong plastik itu hanya dipakai sekali-dua kali lalu menggunung di tempat penampungan sampah, mencemari lingkungan.
  3. Sampah plastik sangat berbahaya buat beberapa jenis hewan. Di Australia tercatat lebih dari 100.000 hewan yang terdiri dari burung, ikan paus, anjing laut, dan kura-kura, mati per tahunnya, gara-gara menelan atau terbelit sampah plastik. Parahnya lagi, setelah badan hewan yang mati telah terurai, sampah plastiknya akan terbebas lagi ke dalam.
  4. Membakar sampah plastik, menyebabkan zat-zat beracun dari sampah terlepas ke udara yang kita hirup. Polusi udara seperti ini punya dampak serius karena melemahkan kekebalan tubuh dan memicu kanker, dan selain itu dapat menyebabkan bumi kita ini bertambah panas!
  5. Plastik tersusun dari polimer. Dalam proses pembuatannya, ikut dimasukkan sejenis bahan pelembut (plasticizers) supaya plastik bertekstur licin, lentur dan gampang dibentuk. Tapi kalu plastik dipakai buat bungkus makanan, plasticizer bisa mengkontaminasi makanan. Apalagi kalau makanan yang dibungkus masih panas, si plasticizer dan monoer-monoernya makin cepat keluar dan pindah ke makanan lalau masuk ke dalam tubuh.
  6. Kantong plastik kresek yang biasa kita pakai sehari-hari ternyata mengandung zat karsinogen berbahaya karena berasal dari proses daur ulang yang diragukan kebersihannya. Zat pewarnanya juga bisa meresap ke dalam makanan yang dibungkusnya dan menjadi racun.
  7. Sampah plastik dari sektor pertanian dunia setiap tahunnya mencapai 100 juta ton. Kalu sampah plastik kini dibentangkan, panjangnya bisa membungkus bumi sampai sepuluh kali.
Let's Make diffrence!

Sedikit tips dari kita untuk kita buat mengurangi pemakaian plastik dan mengurangi pemanasan di bumi ini......
  • Setiap membeli barang, tolak kantong plastik yang diberikan oleh penjual. Kalu barangnya kecil masukan tas aja.
  • Biar nggak lupa bawa, taruh selalau kantong kain didalam tas kamu, umpamanya untuk belanjaan yang lumayan besar atau banyak.
  • Kalau terpaksa banget menerima kantong plastik, sampai rumah jangan dibuang. Lipat yang rapih dan simpan untuk digunakan berkali-kali.
  • Saat belanja bulanan sama mama ke supermarket, keranjang belanjaan kamu dibungkus dengan kardus bekas.
  • Jangan membuang sampah organik didalam kantong plastik yang tertutup rapat. Kalau plastiknya nggak dibuka 10 tahun lagipun, sampah organik tersebut bisa belum terurai sempurna.
Akhirnya.......

Sekarang ini sudah ditemukan BIODEGRADABLE PLASTIC atau PLASTIK BIODEGRADABLE. Biodegradable plastik adalah plastik yang bisa diurai secara alami dan dapat diurai lebih cepat (kurang lebih 3 tahun). Plastik biodegradabel terbuat dari senyawa-senyawa selulosa, kasein, protein atau lipid yang terdapat didalam tumbuhan herbal. Plastik-plastik itu nantinya tergradasi sambil menghasilkan zat-zat yang ramah lingkungan. Penggunaan plastik biodegradable skala besar akan membantu mengurangi penggunaan sumber mineral (minyak bumi, dll.) selagi kita menggurangi menyelamatkan lingkungan...........

1 komentar:

PULSA MUARAH mengatakan...

Berkunjung menambah ilmu & persaudaraan. thanks ya buat infonya. Semoga sukses. Salam kenal